Mewujudkan Desa Ngabar yang Aman, Maju, Sejahtera dan Religius dengan berbasis Gotong Royong.  

Profil Desa Ngabar

Administrator | 07 November 2018 07:12:41 | 129 Kali

2.1.1 Sejarah Desa

Desa Ngabar merupakan salah satu Desa yang berada wilayah Kecamatan JETIS Kabupaten Mojokerto yang mayoritas Masyarakat bermata pertanian dengan karakter masyarakat sesuai adat timur yaitu sopan , beretika dan religius, jumlah penduduk yang terus bertambah dari tahun ke tahun sehingga merupakan daerah yang berpenduduk sangat padat dengan tingkat pendidikan yang bervariasi mulai tamat SD sampai dengan Perguruan Tinggi , tingkat  kesehatan masyarakat Desa Ngabar cukup baik karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai serta kesadaran masyarakat yang cukup tinggi tentang arti kesehatan. Jarak Desa Ngabar ke ibu kota Kecamatan JETIS yang relatif dekat sehingga mempengaruhi pola dan tingkah laku masyarakat Desa. Desa Ngabar terdiri dari 3 Dusun, yaitu Dusun Ngabar I, Dusun Ngabar II, dan Dusun PECUK yang mempunyai adat dan cerita yang berbeda – beda . 

 Legenda / Asal – Usul Desa ;

Dusun Ngabar I Diceritakan pada zaman dahulu ada seorang punggawa Mojopahit yang sedang melaksanakan tugas untuk membasmi pemberontak, tetapi seorang punggawa tersebut terluka dan meninggal. Akibatnya berita tersebut dikabar-kabarkan bahwa ada seorang punggawa meninggal di suatu wilayah, akhirnya wilayah tersebut dinamakan Desa Ngabar. Dan dikarenakan warga Desa Ngabar mempunyai komunitas yang berbeda-beda, semenjak saat itu Desa Ngabar dibagi menjadi 3 Dusun. Wilayah bagian Barat yang mayoritas warganya banyak ulama dan Kyai di sebut Ngabar Santren dan dinamakan Dsn. Ngabar I.

           Dusun Ngabar II Sedangkan untuk wilayah Desa Ngabar di bagian tengah, mayoritas warganya suka bercocok tanam, berkebun di pekarangan maupun di persawahan, sejak saat itu wilayah Desa Ngabar di bagian tengah disebut Ngabar gadu dan pada akhirnya dinamakan Dsn. Ngabar II.

 Dusun PECUK Dikarenakan wilayah Desa Ngabar di bagian Timur berada di wilayah paling ujung atau paling pucuk diantara wilayah Dsn. Ngabar I dan Dsn. Ngabar II, maka sejak saat itu wilayah Desa Ngabar bagian Timur dinamakan Dsn. PECUK

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung